Doktrin Anti Illat adz-Dzohiri

Pernah dengar madhab adz-Dzohiri? Pasti mereka yang pernah mendalami ushul fiqh tidak asing lagi mendengar madhab ini. Madhab ini sering disebut dalam literatur ushul fiqh, terutama saat membahas qiyas yang didalamnya terdapat illat. Penolakan ini merupakan salah satu yang menjadikan madhab mereka disebut sebagai madhab adz-Dzohir (literal).

Qiyas (analogi) secara umum merupakan metode penalaran hukum dalam tradisi hukum Islam yang menggunakan  perbandingan untuk menetapkan hukum pada situasi atau masalah yang tidak secara langsung diatur dalam teks-teks utama hukum Islam. Salah satu unsur utama adalah illat.

Adapun illat merupakan istilah dalam hukum Islam yang merujuk pada alasan atau penyebab di balik suatu hukum atau peraturan. Ia adalah faktor yang memotivasi atau mendukung keberlakuan suatu hukum atau peraturan. Illat menjadi penting dalam penalaran hukum Islam untuk memahami maksud dan tujuan di balik suatu aturan atau ketentuan.

Menariknya konsep qiyas dan illat ini merupakan sesuatu yang disepakati oleh empat madhab fiqh dalam pandangan sunni. Namun dalam pandangan Dzohiriyah, konsep ini ditolak. Penolakan konsep ini bisa kita temui dalam karya Ibn Hazm, dengan judul al-Ihkam fi Ushul al-Ahkam.



Cukup unik ketika salah satu dasar yang mereka gunakan untuk menafikan qiyas dan illat adalah kisah sekitar penolakan Iblis untuk Sujud ke Adam. 

Iblis pernah berkata, "Aku (Iblis) lebih baik daripada dia (Adam). Engkau (Allah) ciptakan aku dari api, sedangkan dia, Engkau ciptakan dari tanah."

Pembangkangan Iblis ini disebabkan oleh qiyas yang ia lakukan  atas dirinya dengan Adam. Ia  memposisikan dirinya sebagai sesuatu yang lebih baik dari Adam sehingga tidak mempunyai kewajiban untuk mentaati perintah Tuhan untuk sujud kepada Adam. 

Dan ketika membujuk Adam, Iblis berkata, "Tuhan kamu tidak melarangmu dan mendekati pohon ini, melainkan supaya kamu berdua tidak menjadi malaikat atau tidak menjadi orang-orang yang kekal."

Iblis pada kisah ini memberikan illat (alasan) atas larangan Tuhan yang melarang Adam ataupun Hawa untuk mendekati sebuah pohon. Kita sudah tahu bukan endingnya bukan? Adam dan Hawa tergoda kemudian ia dilempar menuju dunia ini.

Berdasarkan hal ini, maka terdapat sebuah teks dalam al-Ihkam, "Maka benar bahwa sesungguhnya (orang yang melakukan) qiyas dan memberikan illat hukum itu seagama dengan Iblis dan dia telah keluar dari agama Allah"

Wah berarti kita-kita yang bermadhab Syafi'i sebenarnya sudah seagama dengan Iblis dong?





(Ilham Murtadlo Chaidary)





Refrensi:
al-Ihkam fi Ushul al-Ahkam (Ibn Hazm):

وقال تعالى {ويا آدم سكن أنت وزوجك لجنة فكلا من حيث شئتما ولا تقربا هذه لشجرة فتكونا من لظالمين * فوسوس لهما لشيطان ليبدي لهما ما ووري عنهما من سوءاتهما وقال ما نهاكما ربكما عن هذه لشجرة إلا أن تكونا ملكين أو تكونا من لخالدين * وقاسمهمآ إني لكما لمن لناصحين * فدلاهما بغرور فلما ذاقا لشجرة
.....
قال أبو محمد وقال الله تعالى حاكيا عن إبليس إذ عصى وأبى عن السجود أنه قال {قال ما منعك ألا تسجد إذ أمرتك قال أنا خير منه خلقتني من نار وخلقته من طين} فصح أن خطأ آدم عليه السلام إنما كان من وجهين أحدهما تركه حمل نهي ربه تعالى عن الوجوب والثاني قبوله قول إبليس أن نهي الله عن الشجرة إنما هو لعلة كذا فصح يقينا بهذا النص البين أن تعليل أوامر الله تعالى معصية
أن أول ما عصى الله تعالى به في عالمنا هذا القياس وهو قياس إبليس على أن السجود لآدم ساقط عنه لأنه خير منه إذ إبليس من نار وآدم من طين ثم بالتعليل للأوامر كما ذكرنا وصح أن أول من قاس في الدين وعلل في الشرائع فإبليس فصح أن القياس وتعليل الأحكام دين إبليس وأنه مخالف لدين الله تعالى نعم ولرضاه ونحن نبرأ إلى الله تعالى من القياس في الدين ومن إثبات علة لشيء من الشريعة وبالله تعالى التوفيق
Previous
Next Post »